BULUS dalam bahasa jawa dan KURA-KURA dalam bahasa Indonesianya merupakan binatang amfibi (binatang yang hidup dalam dua alam). Binatang ini banyak di temukan di perairan Indonesia dan spesiesnya pun sangat banyak sekali. Binatang ini pada setiap waktunya pada saat bulan purnama tiba dan ini adalah masa atau saat mereka untuk menetaskan telur. Pada saat- saat seperti ini mereka mendatangi tempat-tempat yang aman dari terjangan ombak laut agar mereka bisa dengan tenang dan nyaman untuk melakukan aktivitas mereka yaitu “NELOR”.

Sangat luar biasa apa yang Allah telah tetapkan pada mereka ini, bayangkan dari setiap induknya bisa menetaskan telur sampai ratusan bahkan ribuan telur dalam sekali bulan prnama,
Masya Allah, sangat luar biasa. Mungkin kita bisa membayangkan sendiri, kalau dari tiap induk bisa menghasilkan telur dengan jumlah ratusan saja, bagaimana kalau yang bertelur itu sampai ratusan bahkan ribuan induk BULUS pada satu masa itu. Saya membaca pada sebuah majalah (saya lupa majalahnya), disitu di tampakkan dengan gambar foto asli di teluk india sekumpulan BULUS yang sedang menjalani aktivitasnya untuk bertelur, tercatat waktu itu ada sekitar 2000 BULUS dengan spesies yang sama datang dari berbagai negara disekitar teluk india dan mereka berkumpul di teluk india itu hanya untuk bertelur..anda lihat, ada 2000 BULUS datang ke tempat itu untuk bertelur, kalau saja dari setiap induknya menetaskan telur sekitar 500 butir
berarti pada saat itu juga sudah ada calon-calon BULUS dengan jumlah 1.000.000 ekor, sangat luar biasa, itupun pada satu teluk yaitu teluk india, belum lagi di tambah dengan teluk-teluk lain yang biasa di gunakan oleh BULUS ini untuk menetaskan telur-telur mereka. BULUS-BULUS ini memerlukan waktu untuk menetaskan telur mereka sekitar 2 jam kurang lebihnya, setelah selesai dalam melakukan “aktivitas” nya merekapun kembali ke laut dan meninggalkan telur- telur mereka yang sebelumnya telah mereka pendam di dalam pasir.

Jika kita melihat fenomena seperti ini sudah dapat di bayangkan jutaan BULUS yang ada di laut lepas, dan bersamaan dengan jumlah mereka yang banyak ini akan menelurkan kembali calon- calon BULUS yang lebih banyak dari jumlah mereka saat ini.