Dikutip dari: http://www.antarakalsel.com

PERHATIAN!!!… Banyak beredar Minyak Bulus Palsu / Campuran.
Beli yang ASLI hanya di http://minyakbulusasli.net

Banjarmasin, 31/10 (ANTARA) – Beberapa negara Asia memiliki seperti Cina, Korea, Hongkong dan Singapura memiliki minat yang cukup tinggi terhadap ekspor bulus dari Kalimantan Selatan yang kabarnya hewan bertempurung tersebut bisa dimanfaatkn untuk kecantikan dan pengobatan.

Salah seorang eksportir bulus yang tinggal di jalan Veteran Banjarmasin, Tuti di Banjarmasin Rabu mengatakan, permintaan bulus Kalsel dari beberapa negara Asia cukup tinggi, sehingga pihaknya tidak mampu memenuhi seluruh permintaan negara-negara tersebut.

“Kuota kita untuk mengirim bulus ke beberapa negara tersebut mencapai lima ribu ekor, permintaan paling banyak dari Cina dan Hongkong,” katanya.

Menurut informasi, bulus yang dikirim hidup-hidup tersebut, bakal dimanfaatkan untuk kecantikan dan pengobatan, karena kabarkanya minyak bulus mampu menghaluskan kulit, dan sebagian anggota tubuh lainnya bisa untuk obat penyakit asma.

Makanya, kata dia, di beberapa daerah di Kalsel banyak penjual sate bulus, karena diyakini daging bulus tersebut sebagai penyembuh asma dan beberapa penyakit lainnya.

Apalagi tambah dia, untuk bisa mendapatkan bulus tersebut bukanlah hal yang sulit, beberapa warga Banjarmasin bahkan dari Kalimantan Tengah, datang membawa bulus tersebut untuk dijual ke pusat penjualan bulus di Veteran.

Salah seorang pedagang bulus Iwan mengatakan, satu kilogram bulus, dihargai hingga Rp30 ribu, sementera satu ekor bulus bisa mencapai 90 kilogram, sehingga harganya bisa mencapai Rp2 juta lebih per ekor.

“Bisnis bulus ini cukup menjanjikan, selain harganya mahal mencarinya juga tidak terlalu sulit, pasarnya juga cukup luas,” katanya.

Selain diekspor, sebagian bulus-bulus tersebut juga untuk dikonsumsi di dalam negeri sendiri yaitu dengan dibuat minyak bulus, untuk menghilangkan bekas luka akibat kecelakaan, ataupun bekas jerawat.

Minyak bulus tersebut, sangat mudah didapatkan di sepanjang jalan Veteran Banjarmasin dengan harga yang cukup bervariasi.

Menurut para penjual minyak bulus, beberapa manfaat minyak bulus antara lain adalah sebagai bahan dasar kosmetik, obat penyembuh luka, menghaluskan kulit, menghilangkan flek bekas jerawat dan beberapa manfaat lainnya.

Di Kalsel bulus juga disebut dengan nama bidawang atau labi-labi dengan fisik yang menyerupai penyu tetapi bisa hidup di darat.